June 13, 2010

The Twilight Saga Vs Vampire Diaries

Pertama kali saya nonton serial ini saya shock bgt!! Damn, ternyata ada kisah vampir yang dibumbui kisah cinta-cintaan yang lebih seru dari Twilight (menurut saya sih gitu). Tapi jangan keburu salah sangka dulu, TVD (The Vampire Diaries) sama sekali nggak ngikutin Twilight yang diangkat dari novel besutan Stephenie Meyer (37) dengan judul yang sama; malahan TVD yang juga diangkat dari novel berjudul sama karya L.J Smith sudah terbit duluan sekitar tahun 1990 dan lumayan sukses di Amerika.

Dan meskipun sama-sama mengangkat topik seputar vampir, tapi keduanya sangat berbeda walaupun tentu saja ada berbagai kesamaan di berbagai hal misalnya; ada werewolf-nya sebagai musuh sang vampir (baru ada di session 2 September 2010 nanti), cinta segita pemeran utamanya, kota kecil nan mistik (kalau Twilight Forks, kalau di TVD ada Mystic Falls), bintang-bintang terkenal sebagai pemeran utama, umur para pemainnya yang rata-rata diceritakan masih SMA, dan kedua novel di atas ditulis oleh wanita, tapi banyak perbedaan mencolok yang akan saya bahas nanti.


Rencana menuangkan novel TVD ke serial TV sudah direncanakan sejak sangat lama oleh sang sutradara, namun karena L.J Smith, sang penulis, menghilang entah kemana setelah menulis 5 seri TVD, rencana tersebut mengalami penundaan cukup lama. But now! Setelah Smith kembali dan turut ambil bagian menjadi script writer-nya, VD melesat dan menuai kesuksesan yang dilangsir oleh berbagai tabloid telah menyusul kesuksesan serial Gossip Girl—juga Glee yang baru-baru ini diidolakan banyak remaja di Amerika.



Jika Twilight mengandalkan nama-nama besar seperti; Kristen Stewart as Bella, Robert Pattinson as Edward, Taylor Lautner as Jacob, Ashley Grenne as Alice, Nikki Reed as Rosalie, dan masih banyak lagi—The Vampire Diaries juga menyuguhkan nama-nama terkenal seperti; Nina Dobrev as Elena Gilbert, Paul Weasley as Stefan Salvatore, dan yang tentu saja paling keren; Ian Somerhalder as Damon Salvatore, dan masih banyak bintang pendukung lainnya seperti model cantik, Candice Acolla, si manis Sara Canning, Kayla Ewell, Steve Belford, Benjamin Ayress, dll. Di jamin deh, bagi kalian yang, apalagi cewek, bakal naksir berat sama aktingnya Ian Somerhalder as Damon and Paul Weasley as Stefan.


Cover DVD The Vampire Diaries


Elena (Nina Dobrev), Stefan (Paul Weasley), Jeremy (Steven R. Mcqueen), Bonnie (Katerina Graham),
Damon (Ian Somerhalder), Caroline (Candice Acolla)


Ian Somerhalder berperan sebagai badboy Damon Salvatore;
aktingnya yg natural bgt bikin kita naksir


My Fave Photoshoot


Paul Wesley, Nina Dobrev, and Ian Somerhalder
Walaupun mirip dengan Twilight yang menceritakan cinta segitiga tokoh utamanya, di serial TVD kalian akan disuguhkan cerita vampir dari segi yang lebih “gelap” seperti pembunuhan yang lebih seram, rahasia dan legenda kota (Mystic Falls), dan perasaan pemain-pemainnya dari sudut pandang yang nggak pernah kebayang banget. Dan meskipun serial ini lebih banyak mengedepankan unsur action-nya, bukan berarti di serial ini pengarangnya nggak mengedepankan unsur percintaan; malahan cerita sendiri dibuat hampir 70%nya dari sudut pandang Elena Gilbert, cewek manusia yang mencintai vampir (walaupun tetep nggak sedramatis twilight yang bisa diliat sendiri di gambar di bawah ini; pacaran di padang rumput indah dll).


Bella and Edward yang kesannya sama2 "nice"


Keindahan yang ditonjolkan Twilight

Di sini saya mau kasih bocoran sinopsisnya biar kalian lebih penasaran lagi sama serial vampir yang satu ini; Cerita dimulai saat Elena Gilbert (Nina Dobrev), cewek berumur 17 tahun yang baru saja kembali ke Mystic Falls setelah kecelakaan maut yang menimpa orangtuanya. Pada hari pertama dia masuk sekolah lg, dia papasan sama cowok murid baru yang keren dan cool banget, Stefan Salvatore (Paul Wesley). Karena Stefan yang kelihatannya bersahaja dan baik hati, nggak butuh waku lama buat Elena simpati sama cowok itu. Bahkan Stefan kelihatan sangat memahami perasaan Elena (yang baru saja ditinggal meninggal orangtuanya) dan sering mencoba menghibur Elena. Namun, tiba-tiba terjadi serangkaian pembunuhan misterius di Mystic Falls, Stefan yang bingung (karena dia tahunya cuma dia satu-satunya vampir yang ada di kota) mencari tahu kenapa hal itu bisa terjadi. Dan... tada! Munculah satu lagi vampir yang cakep, Damon Salvatore (Ian Somerhalder) yang nggak lain adalah kakak Stefan.

Berbeda dengan Stefan yang baik hati, Damon adalah vampir yang kejam dan bringas. Damon nggak pernah segan-segan ngebunuh manusia untuk bersenang-senang atau memuaskan dahaganya. Cerita terus berlanjut sampai Damon bertemu dengan Elena, Elena yang ternyata mirip banget dengan bekas pacar Damon dan Stefan (zaman dahulu, tepatnya tahun 1864, Damon dan Stevan pernah mencintai orang yang sama bernama Katherine) bikin Damon kaget banget. Dan bisa ditebak sendiri kan seterusnya kisahnya bakal gimana?

Elena Gilbert episode 1: Elena yang hobi menulis diari, tiba-tiba
dikejutkan oleh kabut yang tiba-tiba aja muncul di sana


Katherine, vampir jahat dari tahun 1864 yg dulunya pernah dicintai
Damon and Stefan (diperankan Nina Dobrev juga)


Damon yang awalnya suka ngeledekin Elena, lama-lama
jatuh cinta sama Elena


Waktu Stefan ngasih kalung berisi ramuan Vervain ke Elena


Stefan and Damon tahun 1864 waktu mereka masih "manusia"

Perselingkuhan Katherine and Damon dari Stefan di tahun 1864


Paul Wesley sebagai Stefan Salvatore

Katherine tahun 1864, cewek yang macarin Damon and Stefan
sekaligus

Di episode pertengahan diceritain kalau Stefan kecanduan
lagi sama darah manusia, sementara itu Damon malah makin nice

Elena dan Damon; walau tengil Damon sering
ngehibur Elena


The Vampire Diaries's cast

Sebenarnya, ceritanya nggak sesimpel itu. Banyak banget intrik yang super KEREN di setiap episodenya. Bahkan selesai saya nonton episode satunya, saya udah nggak sabar pengen nonton terusannya karena selain jalan ceritanya yang oke banget, saya juga naksir berat sama si Damon; selain BADBOY, Damon itu memiliki sesuatu yang wah banget yang membuat “kegiatan” keji yang dia lakukan terkesan lucu (Fyi, Ian Somerhalder itu mirip banget deh sama Chace Crawford). Di setiap episode-nya kita akan disuguhkan cerita mengenai Elena, Stefan, Damon, dan orang-orang lainnya yang bikin serial ini tambah cool! Selain vampir, di film ini juga diceritakan tentang witch dan werewolf.

PERBEDAAN VAMPIR DI TWILGHT DAN DI VAMPIRE DIARIES:

1. Di Twilight vampir nggak bisa terkena matahari karena sebenarnya tubuh mereka berkilauan. Di TVD, vampirnya juga nggak bisa kena sinar matahari, tapi bukan karena tubuhnya berkilauan; vampir akan terbakar dengan sinar matahari, seperti mitos aslinya, tapi dengan cincin yang dbuat oleh penyihir mereka bisa jalan-jalan bebas di siang hari.

2. DI Twilight vampirnya nggak bertaring dan luarbiasa pucat. Di TVD vampir akan keluar taring di saat-saat tertentu; kaya kalau mereka mencium darah atau sangat marah, selain itu muka mereka juga berubah jadi serem kalau mereka mengeluarkan taring. Di film ini vampirnya nggak dibuat pucat, mereka hanya pucat kalau mereka kelaparan, tapi setelah minum darah mereka akan kelihatan sehat lagi.

3. Di Twilight kita nggak bisa bersembunyi dari serangan vampir. Di TVD ada cara supaya vampir nggak bisa menghisap darah kita, kita harus meminum ramuan kuno yang disebut Vervain. Selain itu, Vervain juga berfungsi melumpuhkan si vampir, tapi nggak bikin dia mati, cuma melemahkan tenaganya untuk sementara.

4. Di Twilght vampir harus dibunuh dengan cara memutilasi tubuhnya kemudian membakarnya. Di TVD, vampir bisa mati dengan cara ditusuk jantungnya, juga dengan cara dibakar.

5. Di Twilight hanya vampir dengan “kemampuan khusus” yang bisa menghipnotis manusia. Nah, ini salah satu keunggulan vampir TVD, mereka bisa mengatur pola pikir kita, kecuali kita memakai pusaka yang sudah diisi dengan Vervain, mereka nggak akan bisa hipnotis kita.

6. Di Twilight vampir bisa keluar masuk seenaknya rumah manapun yang dia mau. Di TVD, untuk menyulitkan si vampir membunuh korban, mereka tidak akan bisa masuk ke dalam rumah korbannya kecuali jika si korban mengundangnya. Di sini serunya, karena kadang vampir bikin taktik tertentu biar bisa masuk ke rumah calon korbannya.

7. Di Twilght Bella diceritakan sebagai cewek yang lemah, ceroboh, dan keibuan. Di TVD, Elena Gilbert-nya diceritakan sebagai cewek populer yang tangguh, pemberani, dan nggak terlalu memuja pasangannya.

8. Di Twilight untuk menjadi vampir, kita harus mengalami siksaan yang superhebat sebelum menjadi vampir. Di TVD, berbeda sekali dengan Twilight, kalau kita mau jadi vampir baru kita nggak harus digigit vampir, bisa meminum darah si vampirnya saja; secara teknis, selama darah vampir mengalir di tubuh kita (paling lama 1 hari) kita memiliki antibiotik yang kuat, dan kita harus dibuat mati dulu untuk menjadi vampir.

9. Di Twilight vampir nggak bisa makan dan minum sesuatu selain darah. Di TVD, vampir bisa makan dan minum sesuatu walaupun jarang, dan untuk mengganti darah (Stevan udah berhenti minum darah manusia sejak lama) vampir bisa minum wiski, bir, sherry, scotch, tonik, wine karena intinya mereka membutuhkan asupan adalah untuk menghangatkan suhu tubuh–walaupun tentu tidak memuaskan dahaga.

10. Di Twilight vampir bertubuh keras kayak patung dan dingin kayak es. Kalau di TVD, setelah vampir minum darah, tubuh mereka akan menjadi hangat, dan di VD vampirnya bisa dilukai dan berdarah—tapi sembuh beberapa detik dan menit kemudian.

11. Di Twilight untuk berhenti membunuh manusia, mereka minum darah binatang. Di TVD, vampir jarang membunuh binatang, paling kepepet mereka mencuri atau membeli darah manusia di pusat pendonoran darah.

12. Di Twilght Edward sangat takut berhubungan fisik dengan Bella karena takut giginya menggores Bella dan membuat Bella jadi vampir. Di TVD, Stefan dan Elena nggak terlalu takut berhubungan fisik (Damon dan teman-teman kencannya juga sering berhubungan fisik) karena secara teori,taring mereka tidak beracun, darah merekalah yang mengandung racun dan tidak akan berpengaruh apapun selama si manusia tidak dibuat mati dulu.


TVD episode 1

Nah sekian dari saya tentang THE VAMPIRE DIARIES VS TWILIGHT. Semoga bermanfaat dan tidak merusak penilaian kita pada salah satunya. Cheers.

2 comments:

  1. nice post....
    like it banget dehhh.... kebetulan saya juga pecinta vampire dan keindahan (twilight) dan baru mulai nonton TVD (baru di pinjamin DVD nya sama teman) dan saya jatuh cinta sama damon salvator si badboy tapi kerenn...hehehe...

    ReplyDelete
  2. TVD keren banget ceritanya....!!!! terutama si bad boy Damon... wuuuisss... aktingnya krennn...

    ReplyDelete