March 25, 2012

100 Fakta & Profil Sandara Park 2NE1

1. Sandara Park adalah nama asli (hangul: 박산다라 hanja: 朴圣达拉). Namun ia lebih dikenal dengan nama panggilan Dara dan memiliki beberapa nama panggilan lain dan julukan seperti Sandy, Krung-Krung, Kiray, Darong, SanTokki, DaRabbit, dan Butterfly.

2. Dara lahir di Busan, Korea Selatan pada tanggal 12 November 1984.

3. Tinggi Dara di profil resminya adalah 162 cm, padahal tinggi badan aslinya adalah 152 cm.

4. Dara memiliki berat badan 40-41 kg, turun dan naik di sekitar itu.

5. Golongan darahnya A.

6. Warna favorit Dara adalah pink.

7. Dara mahir beberapa bahasa lain seperti Tagalog (bahasa Filipina), Inggris, dan Mandarin.

8. Dara dikenal memiliki nama yang sangat unik (di Korea sangat jarang orang yang memiliki nama dengan tiga suku kata San Da Ra) oleh sebab itu namanya mudah sekali diingat ketika ia melakukan debutnya.

9. Dara memiliki kucing bernama Dadoong yang diambil dari namanya, Dara dan nama adiknya, Cheondung.




10. Dara adalah kakak kandung dari member MBLAQ, Thunder/Cheondung (Park Sang Hyun). Mereka memiliki beda usia 6 tahun.



11. Dara dan keluarganya sempat pindah ke Filipina saat umurnya 10 tahun menginjak 11 tahun dan menjadi artis yang cukup terkenal di sana, oleh karena itu sampai sekarang ia memiliki teman kalangan artis Filipina yang cukup banyak.

12. Dara cukup pandai Matematika dan Fisika.

13. Dara adalah salah satu anggota girlband yang memiliki fanboy (idola cowok yang mengidolakannya) paling banyak bersaing dengan Yoona SNSD.


DAFTAR PANJANG FANBOY DARA: CLICK HERE

14. Kampung halaman Dara di Busan, maka dari itu ia fasih berbicara bahasa Korea dengan dialek Busan.

15. Dara adalah member 2NE1 yang paling sering meng-update Me2day dan memiliki pengikut yang cukup banyak (melebihi idola lainnya), maka dari itu ia mendapat julukan The Queen of Me2day.



16. Sebelum menjadi idola, Dara sangat mengidolakan Lee Hyori. Ia bahkan pernah datang dari Filipina ke Korea untuk melihat langsung konser Hyori dan mengirim semangka ke rumah Hyori ^^

Lee Hyori

17. Dara memiliki tanda lahir di kaki kanannya. Ia tidak suka orang melihat tanda lahirnya, maka dari itu ia selalu menutupinya dengan celana, jins, legging, stocking, dsb. Maka dari itu ia sangat jarang memakai rok atau celana pendek.

18. Dara terkenal dengan rambut pohon kepalanya. Dan model rambut itu kini begitu melekat pada dirinya. Di Korea sendiri model ini sangat terkenal setelah Dara sering menggunakannya.


with Minzy


19 Ia juga dikenal sebagai selebriti Korea dengan dahi terindah, oleh karena itu ia sangat bangga akan dahinya dan memilih model rambut tanpa poni.



20. Dara mengaku lebih nyaman dengan rambut pendek daripada panjang meskipun ia ingin menumbuhkan rambutnya sampai panjang.

21. Dara pernah digosipkan melakukan operasi plastik dan permak gigi karena foto-foto masa lalunya yang berahang kotak dan bergigi kurang rapi. Tapi Blackjack tidak terlalu peduli akan berita itu dan menganggap kecantikan Dara alami!

Foto saat Dara berumur 20 tahunan:


Dara masa kini:


22. Dara adalah member 2NE1 yang memiliki sikap dan kelakuan paling unik dan "aneh" bersama Park Bom. Dara membuat orang yang melihat tingkahnya tergeleng-geleng.





23. Dara lebih senang mengirim pesan (SMS) atau e-mail daripada menelepon untuk membicarakan sesuatu. Menurutnya berbicara di telepon itu momen yang canggung.

24. Dara tidak pernah berjerawat karena pori-porinya sangat kecil. Ia juga sering dijuluki si kulit bayi karena kulitnya yang mulus dan sangat bagus.




25. Dara adalah model dan brand ambassador untuk Etude, produk kosmetik Korea yang terkenal hampir di seluruh dunia karena kulit sehatnya yang mengagumkan.




26. Dara bisa berubah menjadi gadis yang amat pemalu jika ada yang memujinya secara terang-terangan.

27. Dara adalah member yang paling mudah terharu dan cengeng di antara member 2NE1 lainnya. Terutama jika ada hal menyedihkan dan menakutkan.

28. Dara sangat takut pada anjing dan hewan-hewan yang menurutnya bisa menggigit. Ia juga takut pada anjing bulldog G-Dragon, anjing kecil Minzy, dan Dadoong sendiri. Meskipun pada akhirnya ia menjadi akrab dengan hewan-hewan itu.

29. Dara sangat suka memotret. Ia adalah member yang paling senang "meliput" kegiatan member lainnya.

30. Dara tidak pernah sungkan meminta orang lain memotretkan dirinya. Menurutnya setiap momen itu harus diabadikan!



31. Kim Ji Eun dalah pelatih vokal Dara.

32. Pakaian paling nyaman menurutnya adalah T-shirt, jeans, dan sepatu keds.

33. Dara digosipkan memiliki hubungan serius (pacaran) dengan G-Dragon. Dara tidak pernah menepis secara jelas gosip itu yang membuat fans bertanya-tanya. Bahkan Blackjack dan VIP memberi dukungan yang sangat besar untuk hubungan mereka dan membentuk komunitas pecinta Daragon (Dara dan G-Dragon) yang disebut Applers.



34. Selain dengan member 2NE1, Dara bersahabat dengan bintang wanita lain seperti Han Byul (kekasih Se7en) dan Goo Hye Sun (Geum Jan Di dalam BBF).

35. Tipe pria idaman Dara adalah Won Bin. Tapi pada Januari 2011 pria idaman Dara menjadi G-Dragon karena menurut Dara GD adalah lelaki yang gentle.



36. Dara kedapatan menangis di tengah-tengah pembuatan MV Cant Nobody.

37. Adegan ciuman Dara dan Top Bigbang di MV Gummy berjudul I'm Sorry adalah trik kamera.

38. Dara mendapat komentar sebagai gadis yang paling beruntung karena mendapat kesempatan berciuman dengan Lee Min Ho di Kiss, digosipkan memiliki hubungan spesial dengan G-Dragon, menjadi idola dengan fanboy terbanyak di Korea, dan menjadi brand ambassador Etude dengan Shinee di tahun 2012. Dara bahkan melakukan adegan ciuman yang manis dengan Minho Shinee untuk Kiss Note campagne yang membuat fans iri.


Dara beradegan ciuman dengan Lee Min Ho

Dara & GD






39. Makanan Filipina favorit Dara adalah na nipon dan ia sangat mahir mengupas udang.

40. Dara suka menghapus nomor orang-orang yang tidak membalas SMS yang dikirimnya. Ia bahkan pernah menghapus nomor ponsel member 2NE1 sendiri.

41. Di antara member 2NE1 hanya Dara yang berani makan ramen (ramen terkenal dengan banyak sekali kalori dan lemak jenuh).



42. Dara sangat suka makan. Menurutnya makan adalah liburan tersendiri. Ia bahkan sering meng-upload menu makannya ke dalam Me2day-nya dan membuat para pengikutnya meneteskan air liur.



43. Dara adalah member 2NE1 yang tidak terlalu baik dalam menari bersama Park Bom, sedangkan Minzy adalah yang terbaik melakukannya.

DaraBom ^^

44. Dara memilih Uhm Jung Hwa sebagai selebriti tercantik yang dikaguminya.

45. Dara sangat mahir bersepeda dan mengendarai otoped. Ia pernah mengalahkan CL ketika mereka balapan otoped di sekitar kantor YG.

46. Dara dikenal sebagai idola yang baik hati dan tidak sombong. Ia pernah sengaja turun dari mobil demi membagikan sendiri roti daging yang sangat enak untuk fansnya.



47. Taeyang Bigbang pernah berjanji kalau ia akan membuat Dara makan banyak sekali dalam suatu makan malam. Taeyang sangat khawatir melihat badan Dara yang kurus.

48. Sebelum memiliki kamar masing-masing, Dara adalah teman satu kamar CL. Ia tidur di bawah sedangkan CL di atas dalam ranjang susun mereka.

49. Dara sering minta CL menilai dance-nya sebelum mereka manggung. Dengan senang hati CL membantu Dara membetulkan gerakan yang salah.

50. Taeyang Bigbang sering digosipkan sebagai fanboy terselubung Dara.



51. Dara mengaku rahasia kulit cantiknya adalah tidur dan jogging dengan treadmill.

52. Sebelum debut pada tanggal 17 Mei 2009, Dara menjadi trainee YG selama 3 tahun.

53. Dara memiliki kostum favorit berbentuk hotdog dan kepiting yang sering ia gunakan untuk foto-foto konyol.



54. Dara tidak canggung untuk pergi dengan taksi sendirian.

55. Mobil Dara adalah Range Rover mewah berwarna putih yang harganya mencapai 1,1 miliar rupiah.



56. Member 2NE1 pernah membocorkan bahwa Dara menyukai pria yang lebih muda darinya.

57. Dara memiliki suara tertawa yang sangat khas dan membuat siapa saja yang mendengarnya geli dan ingin ikut tertawa bersamanya.

58. Dara sering mengajari CL memakai komputer dan internet karena CL tidak begitu bisa memakai internet.

59. Dara adalah member yang paling jail. Ia sering mencuri ponsel member lain dan mengganti wallpaper dengan fotonya ^^



60. Banyak Blackjack shock setelah menemukan situs yang memuat foto-foto Dara menjadi model majalah dengan hanya memakai lingerie (pakaian dalam seksi). Tapi kemudian banyak yang membela Dara bahwa foto-foto semacam itu menunjukkan profesionalisme Dara sebagai bintang dan model.



61. Celetukan Dara yang lucu dan polos sering membuat orang sekitar tertawa terbahak-bahak.

62. Dara memiliki vocal yang lucu, manis, dan kekanakkan. Banyak yang mengatakan kalau ia bahkan cocok untuk menjadi member girlband girlie seperti SNSD, T-Ara atau Wonder Girls.

63. G-Dragon sangat suka Dara di MV In or Out, GD bahkan hafal betul koreo dan lirik lagu itu padahal lagu itu berbahasa Filipina dan Inggris.

64. Dara pernah menjadi aktris dan cameo di berbagai film Filipina dan Korea seperti Volta, Bcoz of You, Can This Be Love, D'Lucky Ones, Super Noypi, dan Girlfriends.

65. Selain dalam MV Gummy bersama Top, Dara juga terlibat dalam MV Taeyang I Need a Girl bersama GD.

66. Dara pernah digosipkan pacaran sama cowok bernama Joseph Bitangcol, aktor asal Filipina. Faktanya itu adalah teman Dara untuk acara Love Team, semacam We Got Married-nya Filipina. Mereka dipasangkan dan harus bertindak sebagai kekasih.

67. Dara adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Ia memiliki satu adik laki-laki dan satu adik perempuan (kakak dari Thunder, Doorami Park). Tapi melihat kelakuan konyolnya di 2NE1 TV, banyak yang nggak menyangka kalau ia adalah sosok yang bisa diandalkan dalam keluarganya :)

Doorami Park dan Sandara Park

68. Zodiak Dara adalah Scorpio.

69. Hobi Dara adalah mendengarkan musik dan bermain internet. Ia adalah member yang paling jago dalam menggunakan komputer dibandingkan 3 member 2NE1 yang lain.

70. Pendidikan terakhir Dara dihabiskan di Philippine Pasay Chung Hua Academy.

71. Dara termasuk dalam 5 idola yang wajahnya paling diinginkan oleh idola lain bersama Yoona dan Jessica SNSD, Sohee Wonder Girls, Eunjung T-Ara.



72. Yang Hyun Suk dari  Presiden YG Ent menemukan bakat Dara saat ia melihat KBS Documentary "My Name is Sandara Park". Setelah mendapat persetujuan orang tua, Sandara dan keluarganya akhirnya memutuskan kembali dan menetap di Korea.

73. Dara piawai bermain gitar.



74. Dara terlihat sangat mendukung Thunder dan sebaliknya. Mereka adalah kakak-adik idola yang paling patut dicontoh menurut nitizen dan mendapat pengakuan sebagai Superior Sibling.




75. Dara 95% selalu masuk 10 idola tercantik di Korea Selatan.

76. Dara mengaku tidak terlalu suka memakai poni karena wajahnya akan menjadi sangat kecil.



77. Presiden YG Ent melarang member 2NE1 untuk pacaran. Dara dan Bom mendapat keringanan 2 tahun dari member lain karena umur mereka. Tahun 2012 ini larangan pacaran mereka sudah dihapuskan. Dara terlihat sangat senang :)

78. Dara pernah ngaku kalau selama ini dia phobia terbang. Tapi dengan banyaknya jadwal 2NE1 yang mengharuskan dia naik pesawat, terbang menurutnya terasa semakin nyaman.

79. Dara juga pernah berkata kalau dia tidak pede mengedipkan matanya sambil melempar ciuman jauh (untuk CF Etude) tapi lama kelamaan ia mulai sanggup melakukannya. Dara mengaku untuk itu ia latihan di kaca sampai berkali-kali.

80. Mulanya Dara adalah member yang paling menonjol di 2NE1 (saat trainee) tapi kemudian kemampuan CL dan kharismanya meningkat. Untuk itu CL-lah yang akhirnya terpilih menjadi leader.

Sebelum Debut 2NE1

81. Dara pernah kalah dalam sebuah permainan yang dibuat Se7en dan diharuskan memakan banyak sekali cabai untuk menebus kekalahannya. Ia hampir putus asa melihat banyaknya cabai yang harus ia makan sampai GD memutuskan menggantikannya dan membuat Dara terharu. Mulanya ia terharu tapi selanjutnya GD meminta imbalan yaitu menyuruh Dara menyanyikan lagu In or Out di depan anak-anak YG.

82. Dara mengaku ia takut dan pemalu pada lelaki yang ia sukai. Dengan bertambah umur, ia ingin menghilangkan sifat pemalunya itu.

83. Dara adalah member yang paling sedikit bicara jika 2NE1 memenangkan awards. Itu karena Dara memang pemalu dan sering gugup kalau berbicara di depan banyak orang (padahal di 2NE1 TV Dara yang paling aktif, ya? Hehe).

Dara memamerkan piala di Los Angeles. Ia ingin memiliki
piala itu, sayangnya itu khusus untuk laki-laki ^^


84. Dara bisa mengendarai boat.

85. Kalau disuruh memilih sneakers dan high heels, Dara akan memilih sneakers. Dara juga terkenal dengan dandanannya yang unik dan berbeda dengan idola lainnya.

86. Dara sering kelimpungan menjawab pertanyaan fans yang menanyakan mengapa ia semakin hari semakin terlihat muda. Seungri Bigbang bahkan pernah menggoda Dara kalau ia tidak terlihat seperti Noona baginya.

87. Dara mengambil bagian paling banyak di lagu Clap Your Hands.

88. Selain menjadi brand ambassador untuk iklan-iklan besar seperti Etude dan Polar Bear, Dara juga mendapat kesempatan untuk memakai T-shirt rancangan Kwon Dami (kakak perempuan G-Dragon) untuk pertama kalinya. Dami sering memberi Dara baju-baju dari clothing line-nya.



89. Makanan barat kesukaan Dara adalah sandwich dan pizza.

90. Blackjack sempat protes pada make up artist yang mendandani Dara untuk MV It Hurtz karena alis Dara miring di sana. Meskipun tidak mengurangi kecantikan Dara, tapi banyak yang menyayangkannya.



91. Dara memiliki bentuk jari yang unik. Kurus namun bagian puncaknya agak gemuk. Itu menjadikan jarinya sangat khas ^^

92. Bentuk kaki terutama betis Dara yang jenjang dan kurus dipuji banyak fans.

93. Jika tidak sedang memakai make up sama sekali, Dara senang memakai kacamata, topi, atau syal. Untuk 2NE1 TV biasanya Dara cukup memakai bedak tipis, eye liner, dan pensil alis tipis sebagai penguat kecantikan alaminya.

94. Sewaktu SMA, Dara dikenal sebagai anak yang pintar dan pemalu.

95. Di Youtube, make up ala Dara sangat populer.



96. Dara termasuk ke dalam 5 bintang Korea yang paling dikenal orang asing (di luar Korea).



97. Taeyang pernah membuat kehebohan dengan mencium pipi Dara di stage.

98. Alat fitness favorit Dara adalah treadmill. Dengan begitu dia bisa menonton dan mendengarkan musik dengan nyaman.

99. Dara ada posisi nomor 2 setelah Taeyeon SNSD sebagai idola yang ingin diajak berkencan pada musim dingin oleh nitizen.

100. Dara adalah magnet bagi anak kecil. Itulah mengapa keponakan Bom sering menanyakan Dara apabila ia bertemu Bom ^^

Baca juga artikel terkait di bawah ini:


- Junklebook-

4 comments:

  1. thx ya min lop yuu

    ReplyDelete
  2. the English version please thank u

    ReplyDelete
  3. lengkap banget ^^ gomawo, izin copas ne? aku kasih credits nya kok =D

    ReplyDelete